Uncategorized

Sebagian Jamaah Haji Indonesia Langsung Selesaikan Lempar Jumrah Aqabah

BritaBrita.com,MEKKAH – Sebagian kecil jamaah haji Indonesia telah menyelesaikan ritual lempar jumrah aqabah, Minggu (11/8/2019) pagi Waktu Arab Saudi (WAS). Mereka mengejar waktu afdoliyah (utama) untuk melempar batu di Jamarat.

Agus Supardi, jamaah haji Kelompok Terbang (Kloter) 39 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) mengatakan, bersama rombongan yang berjumlah 91 orang memilih berjalan kaki dari Muzdalifah ke Mina. Sebab, bus angkutan jamaah tersendat karena padatnya kondisi jalan raya menuju Mina.

“Kita jalan kaki dari Muzdalifah jam 01.00 (dini hari tadi) ke Mina. Biar ngejar lempar jumrah aqabah pas subuh,” kata jamaah haji asal Cilegon, Banten ini.

Agus mengatakan, setelah melempar jumrah aqabah, dia bersama rombongan langsung kembali ke hotel yang lokasinya tak begitu jauh dari Jamarat. Dia akan beristirahat sebentar di hotel sebelum melanjutkan dengan tawaf ifadah.

“Total kami berjalan sekitar 10 kilometer dari Muzdalifah, Mina, ke sini (Mekkah),” katanya seperti dilansir sindonews.com

Markhumah, rekan jamaah haji lainnya, menuturkan saat tiba, kondisi Jamarat telah menjadi lautan manusia. Jamaah haji dari berbagai negara juga melakukan lempar jumrah Aqabah saat waktu yang diutamakan. “Sudah berdesak-desakan, alhamdulillah bisa melempar jumrah,” katanya.

Apa yang dilakukan jamaah haji Kloter 39 JKG sebenarnya di luar jadwal yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi. Pada 10 Zulhijjah (11 Agustus 2019), jamaah haji Asia Tenggara, termasuk Indonesia, dilarang melempar jumrah Aqabah dari pukul 04.00 hingga 10.00 WAS.

Kebijakan ini karena pada jam-jam tersebut, kondisi jalan dari tenda di Mina menuju Jamarat sangat padat. Mereka akan berdesakan dengan jamaah haji dari negara lain yang postur tubuhnya lebih besar, sehingga bisa menimbulkan risiko yang tidak diinginkan. Jamaah haji Asia Tenggara baru dipersilakan melempar jumrah Aqabah setelah pukul 10.00 WAS

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close