Uncategorized

Trik Jitu Agar Anak Percaya Diri

JAKARTA,BritaBrita.com–Memiliki anak yang percaya diri, bisa jadi dambaan semua orangtua. Untuk mewujudkan hal itu, peran ayah dan ibu sangat diperlukan.

“Masalahnya adalah anak melihat, anak melakukan. Orangtua berperilaku apa, anaknya pasti ikut. Jika ingin punya anak percaya diri, berarti harus berani kan? Ya orangtuanya juga harus berani,” kata psikolog pendidikan dan anak, Elizabeth Santosa, ditemui usai sebuah acara di kawasan Jakarta Selatan baru-baru ini.

cek-rara_oke_edit

Menurut Lizzie, sapaan akrab Elizabeth, para orangtua hanya perlu melakukan beberapa trik sederhana agar anak memiliki rasa percaya diri. Misalnya, orangtua harus sesering mungkin menyapa teman-temannya di hadapan si anak.

“Bukan untuk apa, supaya kita bisa saling dekat dengan satu sama lainnya. Anak juga melihat, oh mamaku gaul ya,” ujarnya.

Lihat Juga  Ini Program Sekolah Filial : Ada Praktek Kecantikan

“Tapi saya rasa itu bisa dilatih,” katanya menambahkan.

Cara lainnya adalah para orangtua tak berlebihan dalam mengawasi anak alias protektif.

Lizzie juga mengingatkan agar orangtua tidak berlebihan dalam mengasuh seperti menjadi sosok orangtua yang terlalu protektif. Jika overprotektif, anak, kata dia, cenderung menjadi pribadi yang pasif dan mudah di-bully.

“Contoh, anak baru ‘disentil’ dikit, kita tidak mengajarkan anak menyelesaikan situasi tapi malah langsung overprotective. Besarnya nanti anak tidak mandiri, dia bingung dan selalu meminta bantuan orangtua, manja dan tidak mempunyai kepercayaan memiliki kemampuan diri sendiri,” ujarnya menjelaskan.

Karenanya, Lizzie menghimbau agar para orangtua tak menjadikan anak sebagai ‘raja’ atau ‘ratu’.

Lihat Juga  Ini Program Sekolah Filial : Ada Praktek Kecantikan

“Mencintai anak bukan berarti membuat mereka menjadi raja dan ratu, tidak. Jika kita perlakukan anak seperti raja dan ratu, biasanya mereka akan menjadi seperti itu, raja dan ratu di dunia yang tidak ada raja dan ratu. Mereka akan syok ketika memasuki masa remaja, kok tidak ada yang perhatikan saya,” katanya seperti dinukil dalam laman suara.com.

Editor : Syl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close