OTOMOTIF

Terobosan, Alibaba Ciptakan Robot Pengantar Barang ke Konsumen

BritaBrita.com,HANGZHOU — Alibaba baru saja mengumumkan terobosannya dalam menyongsong bisnis daring (online) masa depan. Raksasa perdagangan elektronik asal Cina ini memperkenalkan robot tanpa awak yang bertugas mengirim barang pesanan sampai ke hadapan konsumen.

Robot yang diberi nama G Plus tersebut dilengkapi dengan loker penyimpanan yang bisa dibuka dengan pemindai wajah. Robot G Plus ikut dipamerkan di Alibaba’s 2018 Global Logistic Summit dan sudah diuji coba di kota Huangzhou yang merupakan markas Alibaba.

G Plus mampu membawa barang dengan berbagai ukuran. Alibaba mengklaim robot logistik tersebut juga dapat mengantarkan makanan segar lantaran suhu di kotak penyimpanannya bisa diatur. G Plus dibenami sistem navigasi LIDAR sehingga robot memiliki fitur peta 3D.

Apabila mendeteksi adanya orang atau kendaraan di dekatnya, robot akan mengurangi kecepatan menjadi 6,2 mil per jam. Demi alasan keamanan, G Plus hanya dapat melaju pada kecepatan maksimal 9,3 mil per jam.

Ketika sudah sampai ke alamat yang dituju, robot akan otomatis meletakkan barang pesanan konsumen. Atau, konsumen bisa keluar menemui robot, memasukkan PIN, dan mengambil pesanannya. Alibaba memproyeksikan robot G Plus akan diproduksi secara komersil mulai akhir tahun ini.

Perusahaan besutan Jack Ma tersebut juga memperkenalkan kotak Cainiao. Kotak ini dapat dipasang konsumen di luar pintu apartemennya. Cainiao berfungsi sebagi tempat penyimpanan dengan fitur keamanan face recognition. Dengan demikian, kotak hanya bisa dibuka oleh pemilik pesanan.

Konsumen juga bisa mengatur suhu kotak Cainiao secara jarak jauh dengan menggunakan ponsel pintar. Sehingga, pesanan berupa makanan atau produk segar lainnya dapat awet saat disimpan di dalam kotak. Sayangnya, sejauh ini Alibaba belum memastikan kapan resminya kotak pintar itu dirilis. Dilansir dari The Verge, Alibaba menyebut masih akan mematangkan konsep ide itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button