OTOMOTIF

Buka Tiap Hari, Perpusnas RI Jadi Lokasi Favorit Mahasiswa

BritaBrita.com,JAKARTA – Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk bersantai atau mencari referensi bacaan. Bangunan perpustakaan tertinggi di dunia itu juga jadi lokasi favorit bagi mahasiswa untuk menyelesaikan tugas kuliah atau akademik.

Buka setiap hari mulai Senin hingga Minggu, Perpusnas selalu ramai dikunjungi orang-orang dari berbagai kalangan, termasuk mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia. Ada yang sekadar mencari referensi bacaan, berdiskusi, mengerjakan tugas atau bersantai saja menikmati suasana nyaman perpusnas.

Dianita misalnya. Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Mercubuana, Jakarta itu mengaku sengaja datang ke Perpusnas guna mencari referensi buku untuk menyelesaikan tugas perkuliahannya. Dia rutin sepekan sekali bertandang ke Perpusnas.

“Letaknya strategis dan juga memiliki koleksi buku yang lengkap untuk para mahasiswa mencari bacaan,” kata Nita, sapaan akrab perempuan asal Subang, Jawa Barat itu.

Nita bercerita bahwa dosen di kampusnya juga merekomendasikan Perpusnas untuk mencari beberapa referensi buku yang sulit dicari di tempat lainnya. “Untung saja ada perpustakaan ini, soalnya ada buku yang susah dicari,” imbuh dia.

Arum Segara Ningrum, mahasiswi Universitas Pancasila, Jakarta bahkan betah menghabiskan waktu seharian di Perpusnas, mengerjakan skripsi. “Saya pernah ditegur petugas keamanan karena perpustakaan sudah mau tutup,” cerita Arum.

Dia mengaku nyaman berlama-lama di Perpusnas, karena mudah mencari referensi bahan skripsinya. Apa yang dibutuhkan tinggal diketik di mesin pencari langsung keluar lengkap dan tinggal ambil saja di rak. Suasana Perpusnas juga asyik baginya.

Gedung Perpusnas milik Indonesia itu terdiri dari 24 lantai dan 3 basement. Tingginya mencapai 126,3 meter.

“Jadi tidak kaget kalau gedung Perpustakaan Nasional ini tertinggi di dunia untuk gedung perpustakaan,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Perpusnas pada 14 September 2017.

Menurutnya seperti dinukil dalam laman okezone.com,Perpusnas RI memiliki fasilitas yang lengkap dengan pelayanan teknologi mumpuni. Perpustakaan itu dilengkapi dengan fitur e-resources, e-journals dan e-books. Dia berharap keberadaan Perpusnas mampu meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button