Uncategorized

PWI-Pemprov Jalin Kerjasama Demi Kemajuan Sumsel

Dijanjikan dapat kantor dan mobil operasional

BritaBrita.com, Palembang – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menjalin sinergi bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel dalam menghadapi revolusi industri media yang semakin berat.

Hal ini disampaikan Ketua Umum PWI Sumsel periode 2019-2024 Firdaus Komar, dalam sambutannya pada pelantikan pengurus PWI, DKP dan IKWI Sumatera Selatan masa bhakti 2019-2024 di Griya Agung, Selasa (5/3/2019).

Menurutnya, sejauh ini dalam perjalanan PWI Sumsel, peran Pemprov Sumsel dalam memajukan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) wartawan sudah tidak diragukan lagi.

Selain itu, pria yang akrab disapa Firkom ini menceritakan, bahwa pada tahun 2010 lalu Sumsel sukses menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN). Menurutnya hal ini merupakan wujud nyata dukungan Pemprov dalam memajukan pers di Sumsel.

“Pada saat itu juga dilakukan proses penandatangan gratifikasi oleh pimpinan pers di tanah air dengan konsep yang diberi judul piagam Palembang. Dan itu menjadi momentum dan catatan sejarah hingga saat ini. Piagam Palembang sudah memuat regulasi mengenai pengelolaan pers agar perusahaan pers taat pada kode etik jurnalistik, standard perlindungan wartawan, standard perusahaan pers serta kompetensi wartawan,” jelasnya.

Pada momen itu juga, lanjut Firkom, Sumsel untuk pertama kalinya di Indonesia sukses meresmikan Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI).

“Saat itu juga sekaligus didirikannya SJI yang diresmikan langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan itu sejarahnya Palembang yang mencatat pada waktu itu. Selain itu, SJI Sumsel merupakan pelopor pertama yang menjadi cikal bakal berdirinya lembaga pendidikan dan pelatihan di seluruh Indonesia,” lanjutnya.

Dengan hal itu, Ia berharap kedepannya PWI Sumsel dapat meningkatkan sinergi bersama Pemprov Sumsel dalam membangun pers Sumsel menjadi lebih maju.

“Kami yakin harapan kedepan PWI Sumsel dengan disupport penuh Gubernur Sumsel saat ini akan mampu menaklukan tantangan dan ancaman yang makin berat terkait dengan industri media saat ini. Mari sama-sama membangun pers sumsel yang muaranya adalah membangun sumsel dan untuk kemajuan Sumsel,” ucapnya.

Gubernur Janji Berikan Kantor dan Mobil

Sementara itu, Gubernur Sumsel menjanjikan memberikan kantor dan mobil untuk operasional PWI.

“Kami melihat banyak yang mau jadi ketua PWI. Itulah nuansa demokrasi, demokrasi itu bukan sistem sempurna tapi inilah yang terbaik saat ini,” kata Gubernur Sumsel, H Herman Deru dalam acara pelantikan PWI Sumsel di Palembang, Selasa (5/3/2019).

Gubernur mengatakan Firdaus komar adalah yang terbaik saat ini dari sekian banyak calon Ketua PWI. Mudah-mudahan kedepan dapat membawa PWI menjadi organisasi pers yang punya marwah.

“Oleh sebab itu pihaknya berharap kedepan dapat berhubungan. PWI dengan Pemprov, Bupati, Wali Kota dan Forkompinda terus terjalin dengan baik,” ujarnya.

Ia menambahkan masukan yang disampaikan PWI langsung direspon, seperti masalah kendaraan operasional.

“Untuk masalah kantor, dulu ada kantornya sekarang jadi kantor Bawaslu, untuk itu akan dicarikan jalan terbaik untuk kantor PWI Sumsel,” jelasnya.

Ia menjelaskan banyak sekali organisasi yang mirip PWI dengan nama yang banyak asosiasi aliansi.Untuk itu pihaknya berharap ada gerakan merangkul ini. Kalau bisa kantor PWI gabung dengan organisasi yang serupa.

“Kami sadar bagaimana mungkin dunia tanpa wartawan. Alangkah sulitnya mempopulerkan dirinya tanpa bantuan wartawan. Untuk itu pihaknya menghimbau bahwa jangan berpikir wartawan ini profesi alternatif, seharusnya ini profesi terhormat. Oleh sebab itu kami berinisiatif akan membangun SJI bekerjasama dengan pihak lain,” tutupnya. (deni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button