PALEMBANGSUMSEL

Teruskan Perjuangan Para Pahlawan Demi Membanggakan Indonesia

BritaBrita.com,PALEMBANG – Untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) menyelenggarakan apel peringatan ke-84 hari Pahlawan tahun 2019 di lapangan Taman Makam Pahlawan, Minggu (10/11/2019).

Pada upacara tersebut bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) adalah Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan H Nasrun Umar dan diikuti oleh Forkompida serta jajaran ASN Kab/Kota.

Untuk menghormati jasa para pahlawan selesai upacara seluruh peserta upacara dan di pimpin oleh Nasrun Umar untuk menaburkan bunga kepada beberapa pahlawan yang telah gugur.

Disela-sela kegiatan menabur bunga Nasrun mengatakan tanpa adanya pahlawan maka tidak ada juga kita di muka bumi ini.

“Kita semua semua harus bisa menghormati dan menghargai jasa-jasa para pahlawan. Sebab tanpa mereka kita tidak akan bisa seperti ini,”katanya

Sekda Sumsel ini memaknai hari Pahlawan sebagai hari yang sangat penting.

“Hari pahlawan pada hari ini 10 November 2019 merupakan hari yang sangat penting oleh sebab itu yang awalnya saya tidak dijadwalkan untuk hadir disini saya tapi saya tetap hadir.” Ujar Nasrun

Harap Nasrun para pemuda-pemudi di Sumatera Selatan ini dapat meneruskan para pahlawan yang telah gugur untuk membanggakan Sumatera Selatan dan Republik Indonesia.

“Saya harap para pemuda-pemudi di Sumsel ini dapat meneruskan para pahlawan yang sudah gugur ini dengan cara belajar yang baik dan menjaga nama baik sumsel serta dapat membanggakan Negara kita ini.”harapnya.

Peringatan hari Pahlawan juga digelar Pemerintahan Kota (Pemkot) Palembang dan unsur Muspida yang dipusatkan di Pelataran Benteng Kuto Besak Palembang, Minggu (10/11/2019).

Bertindak sebagai inspektur upacara Dandim 0418 Palembang Kol Armed Widodo Noer Cahyo. Upacara ini dihadiri Sekda Kota Palembang Ratu Dewa, Ketua DPRD Kota Palembang Zainal Abidin, Jajaran FKPD dan OPD Kota Palembang, para pejuang Veteran, organisasi kemasyarakatan dan Kepemudaan, serta para Mahasiswa dan Siswa sekolah di Kota Palembang.

Dalam amanatnya, inspektur upacara Kol Armed Widodo Noer Cahyo berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk memaknai nilai-nilai perjuangan para pahlawan.

“Setiap peringatan hari pahlawan, tentu kita akan mengingat pertempuran dahsyat yang terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Surabaya, dimana para pahlawan kita dengan penuh perjuangan dan pengorbanan berjuang mempertahankan kemerdekaan, nilai rela berkorban ini yang hatus kita tanamkan dalam diri kita” Kata Kol Armed Widodo Noer Cahyo.

Lebih lanjut Kol Armed Widodo Noer Cahyo mengatakan, tema peringatan hari pahlawan kali ini yaitu “Aku Pahlawan Masa Kini”

“Dengan tema ini, kita memaknai bahwa kita adalah pahlawan masa kini yang berperan penting terhadap kemajuan bangsa, oleh karena mari kita tunjukkan kontribusi nyata kita terhadap bangsa ini” Ujarnya.

Sementara itu, Sekda Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan, dalam mengisi kemerdekaan saat ini, banyak sekali yang bisa dilakukan, khususnya bagi generasi muda.

“Menjadi pahlawan masa kini, tidak lagi harus angkat senjata perang melawan penjajah, melainkan dengan cara menorehkan prestasi, kita tunjukkan prestasi kita yang positif, itulah bagian dari pahlawan masa kini” Kata Dewa.

Selain itu, lanjut Dewa, menjadi pahlawan masa kini juga bisa dilakukan dengan cara-cara positif lainnya.

“Seperti saling tolong menolong terhadap sesama, tidak melakukan kegiatan yang propokatif, tidak bertindak anarkis, tidak menyebarkan berita-berita hoax, dan kegiatan positif lainnya” Pungkas Dewa. (rel/maulana/Kamayel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button