PALEMBANGSUMSEL

Gelar Kuliah Umum Tentang Era Digital, ASPIKOM Sumsel Resmi Dilantik

BritaBrita.com,PALEMBANG-Program Studi Ilmu Komunikasi Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Ilmu Politik (STISIPOL) Candradimuka Palembang menggelar kuliah umum di Aula Ismail Djalili STISIPOL Candradimuka Palembang, Senin (18/11/2019).

Kuliah umum dengan tema “Politik Informasi Di Era Digital : Dilema Antara Kebebasan dan Regulasi” ini juga memiliki agenda Pelantikan Pengurus Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) Wilayah Sumatera Selatan periode 2019-2022.

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi STISIPOL Candradimuka Palembang Marleni, M.I.Kom mengatakan tema dalam kuliah umum tersebut dikarenakan era keberlimpahan informasi saat ini sehingga membuat masyarakat menjadi konsumtif dalam menerima informasi tanpa adanya nilai kritis dalam mengkonsumsi informasi.

Masyarakat,jelasnya, dapat menjadi komunikator penyebar informasi dan dapat juga menjadi komunikan penerima informasi. Keberlimpahan informasi juga merupakan bagian dari semangat wujud implementasi Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 tentang kebebasan yang diatur dalam pasal 28E yang menyebutkan tentang kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendepat.

“Dalam negara demokrasi mengeluarkan pendapat menjadi satu keutuhan kekuatan baru, namun kebebasan berpendapat dicekal dengan lahirnya UU Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Mahasiswa komunikasi paling tidak harus memahami bagaimana politik informasi saat ini dan mahasiswa diharapkan mampu memahami peraturan yang ada,” ujarnya.

Untuk membahas persoalan ini, jelas Marleni, program studi Ilmu Komunikasi mengundang pakar sosiologi komunikasi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Program studi Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Dr. Muhammad Sulhan, M.Si.

Di tempat yang sama dilakukan juga Pelantikan Pengurus Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) Wilayah Sumatera Selatan periode 2019-2022.

Dalam kegiatan ini, pelantikan Koordinator Wilayah terpilih M Miftah Farid, M.I.Kom yang merupakan dosen dari Fisip Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri UIN Raden Patah Palembang.

Dalam sambuatannya Miftah Farid mengatakan akan mengemban amanah sebagai koordinator dan akan membuat program-program yang progresif untuk kemajuan ilmu komunikasi kedepan dan kemajuan perguruan tinggi.

“Tentu semua ini dibutuhkan dukungan semua pihak dalam memajukan organisasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua STISIPOL Candradimuka Dr. Hj. Lishapsari Prihatini, M.Si sebagai tuan rumah juga memberikan sambutan. Ia sangat menyambut baik kepengurusan ini dan sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi yang memiliki Program studi Ilmu Komunikasi mendukung sepenuhnya demi kemajuan dan pengembangan ilmu Komunikasi di Sumatera Selatan.

Tentu ASPIKOM Wilayah Sumatera Selatan harus mampu memberikan kontribusi untuk masyarakat Sumatera Selatan.

Ketua Umum ASPIKOM Pusat Dr. M. Sulhan, M.Si mengapresiasi kepengurusan ASPIKOM Wilayah Sumatera Selatan. Terlebih pada periode sebelumnya Sumatera Selatan menjadi penyelenggara pertama program pusat kegiatan ilmiah skala Internasional pada November 2018 lalu.

“Maka dari itu ASPIKOM Wilayah Sumatera Selatan harus mampu menawarkan hal-hal baru dan menjaga eksistensi organisasi ASPIKOM.” imbuhnya.

Seperti diketahui, ASPIKOM Wilayah Sumatera Selatan beranggotakan 8 program studi Ilmu Komunikasi diantaranya STISPOL Candradimuka, Universitas Bina Dharma, Universitas Baturaja , Universitas Sriwijaya, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah dimana ada Perguruan tinggi memiliki 2 program studi. Dalam kepengurusan ada 35 orang dosen ilmu komunikasi dari 5 perguruan tinggi yang tergabung dalam ASPIKOM ini.

Kontributor : Herfriady

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button