OLAHRAGAPALEMBANGSUMSEL

Palembang Evaluasi Kegagalan Raih Juara Umum Porprov

BritaBrita.com,Palembang-Lepasnya tahta juara umum Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Prabumulih yang diraih oleh Musi Banyuasin membuat Palembang berkomitmen bisa mengembalikan kembali kejayaan olahraga di Bumi Sriwijaya.

Pasalnya, selama 12 kali Porprov, Palembang sudah merebut 10 kali tahta juara umum. Sehingga dengan merosotnya prestasi musim ini, Palembang telah melakukan sejumlah evaluasi.

Demikian dikatakan Ketua Umum KONI Palembang Ir Suparman Romans saat audiensi dengan Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Pemkot Palembang, Selasa (3/12/2019).

Turut hadir para OPD di jajaran Pemkot Palembang, Wakil Ketua Umum KONI Palembang Agus Salim, Wakil Sekretaris 1 Irwansyah, Bendahara Yulia Suri Kasim, Wakil Bendahara Agung Rahmadi dan jajaran pengurus lain.

Pihaknya menyampaikan bahwa perjuangan atlet Palembang pada Porprov XII di Kota Nanas pekan lalu sudah sangat maksimal.

Hanya saja diakui, banyak atlet Palembang yang eksodus ke berbagai daerah dan menjadi rival Palembang lantaran tergiur iming-iming. Ditambah lagi ada atlet potensial yang seharusnya tanding tapi terkenda diskualifikasi dikarenakan kurang komitmen aturan dari penyelenggaraan yakni KONI Sumsel.

“Bahkan bisa kita katakan, 40 persen medali hilang karena banyaknya atlet kita yang eksodus. Oleh karena itu, KONI Palembang telah membuat rancangan 2020 bagaimana tahun depan persiapan Palembang lebih maksimal menuju Porprov 2021,”ujarnya.

Selain itu memang, ia meminta Pemerintah Kota Palembang agar para OPD yang pada Porprov XII di Prabumulih yang menjadi manager cabang olahraga untuk tak hanya mendukung pada perhelatan olahraga saja tapi juga pada proses pembinaan.

“Bisa dipermanenkan, sehingga cabor juga ikut disupport para OPD sehingga lebih maksimal lagi pembinaannya,”urainya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda menegaskan bahwa Pemkot Palembang berkomitmen mengembalikan kejayaan olahraga di Palembang dengan memaksimalkan semua peran. Bahkan, Pemkot akan mengerahkan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk membina minimal satu cabang olahraga, per satu OPD.

“Ke depan kita akan membangkitkan olahraga di Kota Palembang. Jadi saya minta, satu OPD ikut membina minimal satu cabang olahraga. Saya minta OPD membantu kesulitan yang dihadapi atlet, latihan, venue dan lainnya,”ujar Fitrianti Agustinda.

Ia menambahkan bahwa terkait anggaran yang juga menjadi salah satu hal yang berdampak serius pada pembinaan atlet, Finda mengaku akan berkordinasi dengan BPKAD untuk mencari solusi. Selain itu juga mendorong perusahaan-perusahaan besar untuk berpartisipasi dalam program CSR yang diperuntukkan untuk ikut membina olahraga di Palembang.

“Termasuk bonus peraih medali pada Porprov, karena itu adalah janji kita akan berikan secepatnya. Ke depan prestasi kita jangan sampai jatuh,”jelasnya.

Reporter : Sugi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button