PALEMBANGSUMSEL

Pertengahan Maret, Tol Palembang-Kayu Agung Dibuka

BritaBrita.com, Palembang-Setelah sempat molor, Jalan Tol Palembang-Kayu Agung direncanakan akan dibuka pada pertengahan Maret tahun ini. Hal ini diungkapkan Kepala Proyek Seksi 1 Tol Palembang-Kayu Agung, Gunawan Joko saat diwawancarai, Senin (2/3/2020).

Gunawan mengatakan, tol Palembang-Kayu Agung kembali diagendakan akan diresmikan di minggu ke dua awal Maret 2020. “Peresmian tol Palembang-Kayu Agung ini kita perkirakan akan dilakukan di minggu kedua bulan inI,” katanya

Pembukaan jalan tol Palembang-Kayu Agung ini direncanakan akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesa (RI) Joko Widodo (Jokowi).

“Kita masih menunggu jadwal peresmian dari Presiden RI Joko Widodo ataupun Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono,” ujar Gunawan

Gunawan menjelaskan, meski belum diresmikan, ruas tol bagian dari Tol Trans Sumatera ini pernah dibuka untuk fungsional Hari Raya Idul Fitri dan Natal 2019 lalu.

” Nah untuk saat ini kita tidak bisa buka kalau belum diresmikan. Secara aturan memang harus menunggu diresmikan dulu baru boleh dibuka. Jadi masih diangap masa kontruksi dan belum ada tim untuk pengamanan. Lalu untuk PJR juga belum ada, jadi kalau sampai ada kecelakaan tentu kita yang salah karena dibuka sebelum diresmikan,” jelasnya

Lebih lanjut diungkapkannya, secara progres jalan tol Palembang-Kayu Agung sepanjang 33,5 km ini dipastikan sudah 100 persen. Dan tidak ada pengerjaan lagi. Bahkan beberapa titik yang dilaporkan pernah rusak akibat fungsional pun kini sudah selesai dikerjakan dan dipastikan mulus.

“Saat diresmikan nanti pintu keluar masuk tol nya ada di KM 358. Namun ini sifatnya temporary, karena yang permanen ada di STA 42 yang masih dalam proses pengerjaan,” ungkap Gunawan.

Gunawan menambahkan, untuk pintu keluar masuk tol yang dibuat temporary ini ada tiga pintu masuk dan tiga pintu keluar. Lokasinya ada di Desa Pedu, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir. Setelah yang permanen selesai, kata dia, baru yang temporary ini akan ditutup.

“Untuk pintu kelur masuk tol ini bisa melewati dari Jakabaring lurus terus melewati OPI Mal dan melewati simpang Empat Tegal Binangun lalu bertemu simpang Empat Sungai Pinang Belok ke kanan sejauh 1 kilometer,” katanya.

Reporter : Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button