PALEMBANG

Harus Terapkan Protokol Kesehatan, Mall di Palembang Boleh Buka 7 Jam

BritaBrita.com,Palembang-Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang memperbolehkan dunia usaha beroperasi kembali dengan syarat hanya 7 jam dari sebelumnya 5 jam dalam sehari. Hal ini sesuai salah satu perubahan dalam Perwali nomor 14 tahun 2020.

Mall Director Palembang Icon, Co Ing mengatakan, pihaknya mulai membuka Mall Palembang Icon pada hari ini setelah sekian lama pusat perbelanjaan tersebut ditutup sementara. Sebagian tenant bahkan sudah membuka gerainya masing-masing.

“Mulai malam ini kami infokan ke tenant-tenant lain agar kembali buka dan mulai usaha lagi. Jam operasional mall kami atur, buka pukul 11:00 WIB dan tutup 19:00 WIB,” katanya, usai mendapat tinjauan langsung oleh Wali Kota Palembang dan jajarannya, Rabu (3/6/2020).

Mengenai protokol kesehatan di mall, pihaknya sudah memfasilitasi dengan berbagai perlengkapan dengan mengecek suhu tubuh (thermo scanner), tempat cuci tangan dan jarak pada eskalator mall.

“Protokol tetap kita siapkan, mulai dari masuk hingga di dalam mall,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Palembang, H Harnojoyo menambahkan pelonggaran jam usaha diharapkan bisa memperbaiki omset dunia usaha yang hampir dua bulan terakhir terpaksa tutup sementara karena kondisi pandemi Covid-19.

“Seperti contoh Palembang Icon Mall ini yang menurut mereka omzet turun 70 hampir persen akibat dampak pandemi ini, hal ini juga dirasakan karyawan dan tenant-tenant,” katanya.

Kendati jam operasional ditambah, pihaknya tetap mengimbau agar masyarakat betul-betul melaksanakan protokol kesehatan karena gugus tugas dibantu TNI-POLRI akan menyebar di pusat keramaian.

“Kita ingin hati nurani selaras dengan kesehatan, jadi ekonomi tetap hidup dan kesehatan masyarakat terjaga pula,” katanya.

Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa mengatakan, dengan pelonggaran ini diharapkan dunia usaha juga dapat memulai kembali mempekerjakan pegawai mereka yang selama ini harus dirumahkan.

“Kita harap perusahan/sektor usaha memanggil mereka untuk bekerja kembali sehingga menekan angka pengangguran di Kota Palembang yang terdampak karena Covid-19,” katanya.

Reporter : Kamayel Ar-Razi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button