PALEMBANGSUMSEL

Banyak Melanggar, Masyarakat Belum Patuhi PSBB Tahap II di Palembang

BritaBrita.com,Palembang-Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang menyatakan masih banyak masyarakat belum mematuhi aturan Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap II. Seperti banyaknya angkutan umum dan pribadi yang melanggar aturan penumpang diharuskan berjumlah 50 persen dari kapasitas kendaraan.

Kepala Dishub Kota Palembang Agus Rizal mengatakan jumlah pelanggar memang menurun dari PSBB tahap pertama yakni 11 ribu dan kini berjumlah 3300, tetapi pelanggaran masih didominasi oleh pengguna kendaaran umum dan pribadi.

“Harusnya seperti bus, angkot, kendaraan roda empat lainnya yang terisi 50 persen dari kapasitasnya, tapi masih banyak yang melanggar,” katanya, Minggu (14/6/2020).

Selain itu, masih ditemukan adanya pengguna roda dua yang tidak satu alamat KTP.

“Untuk pelanggar pengguna masker sudah jarang sekali. Sanksi tetap sesuai Perwali, sanksi PSBB Tahap kedua tidak ada perubahan semua tertuang di pasal 37 dan 38. Hal ini menjadi evaluasi kita dan dilaporkan ke wali kota,” katanya.

Pada PSBB tahap kedua ini, Check Point di jalan-jalan protokol Kota Palembang mulai berkurang. Hanya ada sembilan titik check point yang masih berdiri dari 13 titik check point PSBB tahap pertama.

Sembilan Check Point diantaranya empat titik perbatasan yakni cek point terminal Alang-alang Lebar, Karya Jaya, OPI, Talang Putri yang beroperasional 1 x 24 Jam. Dan lima titik check point lainnya di 16 ilir, Talang Jambe, seberang ilir 1 dan 2 check point di Seberang ulu.

Petugas posko check point, diisi oleh Personil Dishub dibantu TNI, POLRI, Satpol-PP, dan tenaga medis sebagian akan dialihkan ke fasilitas umum dan pasar. Untuk di wilayah Seberang Ulu dan Seberang Ilir titiknya nanti berpindah-pindah setiap hari atau beberapa hari tergantung koordinator di lapangan.

“Otomatis petugas dialihkan, karena check point dikurangi. Dari Dishub sendiri sudah menugaskan sebanyak 97 personil untuk ditempatkan di fasilitas umum dan pasar untuk membantu Satpol PP,” katanya.

Reporter : Kamayel Ar-Razi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button