PALEMBANG

Pemkot Palembang Pertimbangkan Dampak Ekonomi Jika Terus Terapkan PSBB

BritaBrita.com,Palembang-Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mempertimbangkan dampak ekonomi dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Wali Kota Palembang Harnojoyo usai rapat evaluasi PSBB, Senin (15/6/2020) mengatakan bahwa berdasarkan evaluasi PSBB tahap kedua ini, aspek kesehatan kondisi awal berada di zona merah saat ini sudah zona orange.

“Jika terus berlanjut akan berdampak pada sektor ekonomi. Di akhir Desember 2020 pertumbuhan ekonomi diproyeksi 5,9 persen. Dengan kondisi ini pertumbuhan diprediksi 0,6 -4,9 persen. Tetapi Palembang masih cukup baik, hingga triwulan 2 sudah 4 persen,” katanya.

Maka, sebelumnya Pemerintah Kota Palembang memberikan keringanan-keringanan pembayaran pajak kepada pemilik usaha. Keputusan PSBB selanjutnya, menurutnya segera diputuskan besok. Apakah PSBB transisi atau penegakan disiplin protokol kesehatan.

“New normal diterapkan daerah yang zona hijau dan masyarakat yang sudah patuh. Kita menuju new normal maka melakukan langkah PSBB, PSBB transisi, penegakan disiplin protokol kesehatan, ini menuju new normal,” katanya.

LO BNPB Gugus Tugas Covid-19, Antoni Simamora mengatakan, sesuai arahan dari pemerintah pusat adalah bagaimana Pemerintah Daerah mampu mengimplementasikan kebijakan di daerah. Maka mereka harus membuat rencana aksi di tiap kabupaten/kota.

“Semua kuncinya adalah bagaimana membuat masyarakat patuh dan ada kesadaran kolektif. Karena ini tidak bisa diwujudkan bila hanya kota pemerintah,” katanya.

Menurutnya, istilah PSBB transisi seperti yang telah dilakukan di Jakarta. Dimana dalam prosesnya akan melakukan terminologi menuju masyarakat aman Covid dengan skala prioritas.

“Jadi tidak semua daerah melakukan itu. Hanya daerah yang tidak terpapar covid. Palembang saya rasa sudah banyak kemajuan dari berbagai sisi mulai dnari kesehatan, budaya,” katanya.

Reporter : Kamayel Ar-Razi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button