PALEMBANG

Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Tanpa Sanksi. Wali Kota : Masyarakat Cukup Diedukasi

BritaBrita.com,Palembang-Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang memutuskan untuk mengakhiri PSBB tahap ll dan mengambil kebijakan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan. Hanya saja, Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 memutuskan tanpa adanya sanksi.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan, pertimbangan ini tak terlepas dari status zona orange yang disematkan ke Kota Palembang. Apalagi berdasarkan penilaian selama dua kali penerapan PSBB memberikan hasil positif.

“Pada penerapan protokol kesehatan ini tidak ada sanksi, lebih pada edukasi,” katanya, Rabu (17/6/2020).

Ia mengatakan, 15 indikator penilaian Palembang mendapatkan perbaikan skor menjadi 1,9 dari sebelumnya berada di zona merah dengan nilai 1,8 saat PSBB tahap pertama.

“Karenanya kita simpulkan untuk tidak melanjutkan PSBB namun lebih kepada Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan. Selama penerapan ini tidak ada batasan waktu dan sanksi seperti saat PSBB dijalankan,” katanya.

Selama pelaksanaannya, kata Harno, Pemkot Palembang bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 akan berupaya memaksimalkan upaya edukasi ke masyarakat sehingga benar-benar menjalankan protokol kesehatan selama beraktivitas.

“Jadi sifatnya humanis dan mengimbau masyarakat. Walau tanpa batas waktu, evaluasi tetap akan kita lakukan berkala,” jelasnya.

Selain itu, ia menegaskan semua aturan pelaksanaan penegakkan disiplin protokol kesehatan akan mengacu kepada aturan teknis dari Pemerintah Pusat. Pemerintah Daerah akan mengikuti arahan dan menyesuaikan aturan dengan kondisi di daerah.

Baik terkait sekolah, moda transportasi, rumah ibadah dll mengikuti surat edaran kementerian yang mengedepankan protokol kesehatan.

“Apapun istilahnya, ini adalah upaya kita menuju new normal. 1.752 Personil gabungan akan membantu mengoptimalkan penegakkan disiplin Covid-19 yang humanis,” katanya.

Sementara itu, Kapolrestabes Palembang, Kombespol Anom Setiyadji mengatakan, selama penerapan PSBB tahap pertama dan kedua di Palembang tren perbaikan penyebaran kasus Covid-19 terlihat.

Didalamnya pun sudah dilakukan penegakkan disiplin protokol kesehatan. Seperti di beberapa pusat bisnis seperti mall telah menjalankan protokol kesehatan dan membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran covid-19.

“Tinggal fokus kita kedepan adalah bagaimana menata pasar. Semua personil akan dikerahkan untuk menggugah kesadaran masyarakat,” tegasnya.

Reporter : Kamayel Ar-Razi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button