PALEMBANGSUMSEL

Imbas Pandemi, Masjid Agung Palembang Batasi Jamaah Salat Idul Adha

BritaBrita.com,Palembang-Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menyerukan jamaah Masjid Agung Palembang yang mengikuti Salat Idul Adha dibatasi hanya di dalam areal masjid saja tak sampai ke jalan.

Untuk itu, pengurus masjid besar di Palembang ini mempersiapkan bagian dalam masjid saja dan jamaah maksimal 1500 orang saja.

Sekretaris Pengawas Yayasan Masjid Agung, Syukri mengatakan Salat Idul Adha kali ini umat muslim diimbau untuk tidak salat di Masjid Agung. Diharapkan masyarakat dengan bijak salat di masjid/ musholah lingkungan sekitar agar tidak terhindar dari penularan Covid-19.

“Kita adakan salat Idul Adha, tetapi tidak untuk masyarakat banyak, kita batasi. Rencananya itu yang akan ada Wali Kota Palembang dan Gubernur Sumsel salat disini,” katanya, Kamis (30/7/2020).

Ia mengatakan, karena jumlah jemaah dibatasi, sehingga para pengurus tidak menyiapkan tenda di luar masjid untuk jemaah lain. Shalat Idul Adha hanya akan dilakukan di dalam masjid.

“Kita terapkan protokol kesehatan. Selain di dalam masjid, mungkin nanti ada saja jemaah yang shalat di luar walaupun tidak kita siapkan, kita tidak bisa tolak juga kalau yang di luar,” katanya.

Di dalam masjid pun jemaah diharuskan shalat berjarak dan membawa sajadah dari rumah masing-masing. Dengan berjarak tersebut, maka di bagian masjid utama hanya bisa menampung jemaah 150-200 orang. Sedangkan di bagian kanan dan kiri maksimal hingga 1500 orang.

“Karena dibatasi, maka kita kerjasama dengan pihak Dinkes Kota Palembang, kita juga siapkan alat pengukur suhu tubuh, hand sanitizer, juga tempat cuci tangan,” katanya.

Sementara itu, tahun ini Masjid Agung akan kurban 7 ekor sapi. Sementara kambing belum ada dan kemungkinan di hari H kurban atau bahkan satu hari setelahnya. “Baru sapi saja, tahun lalu juga sekitar 7 sapi,” katanya.

Sementara itu, Ketua MUI Kota Palembang, Saim Marhadan mengatakan dalam pelaksanaan ibadah pihaknya berharap khotbah salat Idul Adha tidak terlalu panjang.

“Selesai sholat pun tidak perlu bersalam-salaman, silakan langsung pulang,” katanya.

Selain itu, jika biasanya setiap perayaan hari raya umat muslim melakukan salat di Masjid Agung, kini MUI telah mengeluarkan imbauan agar jemaah melaksanakan sholat cukup di masjid sekitar rumah saja. Sehingga diharapkan tidak terjadi penumpukan jamaah di Masjid Agung.

“Kalau bisa jangan sampai meluber ke jalan. Cukup terisi didalam masjid saja agar tidak berkerumun, karena tata laksana idul adha tetap mengedepankan protokol kesehatan, yakni berjarak,” katanya.

Reporter : Kamayel Ar-Razi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button