PALEMBANGSUMSEL

Lulusan Terserap Dunia Kerja, SMKN 5 Palembang Terapkan Praktek 70 Persen

BritaBrita.com,Palembang-Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Palembang menerapkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Dalam Jaringan (Daring) dengan kombinasi 70 persen praktek sedangkan 30 persen teori.

“Misalnya Program keahlian Produksi Siaran Program Televisi, KBM daring yang diberikan guru tak hanya teori melulu tapi lebih ke praktek karena guru itu fasilitator. Silahkan anak-anak berkreasi dan berinovasi,” ujar Kepala SMK Negeri 5 Palembang Drs H Zulfikri MPd, Rabu (26/8/2020).

Ia menambahkan, dengan adanya banyak praktek maka kreasi dan inovasi siswa terbiasa sehingga pada gilirannya mampu memiliki skill yang mumpuni. Dan pada akhirnya mampu cepat terserap ke dunia usaha maupun dunia industri saat mereka lulus nanti.

“Jadi memang SMK ini kan harus banyak praktek, kalau pun KBM tatap muka juga harus banyak praktek. Begitu juga KBM daring ini bisa mengerjakan tugas kemudian dibahas bersama secara virtual,” jelasnya.

Sementara itu, Guru Produktif Program keahlian Produksi Siaran Televisi, Siska Herawati SI Kom mengatakan bahwa dimasa Pandemi Covid-19 ini, mau tak mau sebagai guru harus kreatif.

“Jadi kalau tatap muka di sekolah, mereka menggunakan kamera yang bagus, terus editing melalui studio. Nah saat KBM daring ini dengan alat seadanya. Misalnya pakai HP, kemudian edit nya menggunakan aplikasi,” urainya.

Langkah ini diharapkan agar siswa terbiasa dengan praktek dan memiliki banyak pengalaman sesuai dengan program keahlian masing-masing.

Reporter : Sugi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button