NASIONAL

Pembangunan Tol Betung-Tempino Diminta Libatkan Pekerja lokal

BritaBrita.com, Palembang-Pembangunan jalan Tol Betung (Provinsi Sumsel)-Tempino (Provinsi jambi) diminta untuk melibatkan para pekerja lokal. Hal ini diungkapkan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru saat diwawancarai seusai menerima Kepala Balai Besar BBPJN V, Syaiful Anwar dan Project Director PT Hutama Karya, Hasan Turcahyo dalam rangka penyampaian Surat dari Dirjen Bina Marga dan Dokumen Perencanaan Pembebasan Tanah Ruas Jalan Tol Betung- Tempino – Jambi untuk wilayah Sumsel di Ruang Rapat Gubernur.

Deru mengatakan, pembangunan jalan Tol Betung (Provinsi Sumsel)-Tempino (Provinsi jambi) yang memiliki panjang 169 Kilometer (Km) diharapkan dapat melibatkan para pekerja lokal. “Kita minta agar PT Hutama Karya selaku kontraktor pelaksana dapat melibatkan para pekerja lokal dalam pembangunan jalan tol ini,” katanya

Selain menggunakan para pekerja lokal, pihaknya juga meminta agar PT Hutama Karya selaku kontraktor pelaksana juga melibatkan pengusaha lokal atau pelaku usaha lokal yang bergerak di bidang konstruksi dalam pembangunannya. ” Hal ini kita harapkan dapat menumbuhkan perekonomian di kedua daerah khususnya di Provinsi Sumsel,” ujar Gubernur.

Herman Deru menjelaskan, pembangunan jalan Tol Betung (Provinsi Sumsel)-Tempino (Provinsi jambi) ini merupakan proyek strategis nasional dan tentunya harus didukung oleh kedua pemerintah daerah baik itu Provinsi Sumsel maupun Provinsi Jambi.

“Untuk urusan administrasi dan lainnya yang menyangkut dengan pemerintah daerah khususnya di Provinsi Sumsel (Banyuasin dan Musi Banyuasin), dirinya siap memfasilitasinya, sehingga prosesnya bisa berjalan lancar,” jelasnya

Lebih lanjut diungkapkannya, dalam melakukan pembangunan jalan tol ini, pihak perusahaan harus lebih meningkatkan koordinasi dengan Pemprov terhadap segala permasalahan yang timbul di lapangan. Sehingga bisa segera dicari solusinya.

“Jangan terhambat karena masalah koordinasi. Target kita 2023 ini, wilayah Sumsel sudah benar-benar terbelah oleh jalur tol,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Balai Besar BBPJN V, Syaiful Anwar mengatakan ruas jalan tol Betung-Tempino bakal memiliki panjang 169 kilometer. Terbagi di dua provinsi. Sumsel 134,4 kilometer sementara Jambi 34,6 kilometer.

“Tol akan memiliki lima exit tol. Tiga exit tol ada di wilayah. Seperti Betung, Tungkal Jaya dan Bayung Lincir. Rest area di Sumsel juga nantinya ada 3 unit,” katanya.

Reporter : Maulana

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button