PALEMBANG

Kapolrestabes Palembang Janji Bubarkan Kerumunan Perayaan Nataru

BritaBrita.com,PALEMBANG-Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Anom Setyadji melarang warga untuk berkerumun merayakan Natal dan Tahun Baru (Nataru) dengan pesta kembang api atau petasan. Hal ini sesuai surat edaran maklumat Kepolisian Republik Indonesia Nomor: Mak/4/XII/2020 terkait dengan Perayaan Nataru.

“Apalagi Palembang masih mengalami pandemi Covid-19. Karena tahun ini berbeda, kita masih dilanda wabah dan diharapkan merayakan malam pergantian tahun tidak dengan menimbulkan kerumunan seperti menyalakan kembang api di tempat – tempat rawan kerumunan,” jelas Anom, Jumat (25/12/2020).

Anom menegaskan, pihaknya akan bertindak tegas jika ditemui kerumunan pada malam tahun baru, maka akan dibubarkan.

“Di masa pandemi ini tidak boleh ada yang berkerumun, seperti di Benteng Kuto Besak (BKB) maupun di atas Jembatan Ampera jika masih maka Aparat akan menindak tegas ,” jelasnya.

Menjelang malam pergantian tahun biasanya para pedagang kaki lima akan membanjiri pinggiran jalan, dengan menjual terompet, kembang api, maupun petasan.

Hal ini akan mengundang masyarakat untuk membeli dan dimainkan di tempat – tempat keramaian untuk merayakan pergantian tahun baru 2020 – 2021 misalnya BKB dan di atas Jembatan Ampera.

“Nanti akan kita lihat, yang jelas penggunaannya, distribusinya, penjualannya sudah ada mekanisme aturannya mana yang boleh dan mana yang tidak boleh,” kata Kapolrestabes.

Kalaupun ada masyarakat yang hendak menyalakan kembang api, ia mengimbau untuk menyalakanya di rumah saja itupun dengan petasan yang berukuran kecil sekitar 2 inci namun tetap dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

Kapolrestabes menjelaskan, bahwa akan melakukan pengawasan ketat di tempat-tempat yang berpotensi terjadi kerumunan, seperi di BKB, Kambang Iwak dan di atas Jembatan Ampera serta pihaknya akan melakukan komunikasi dengan instansi terkait khususnya minta masukan dengan Wali Kota Palembang Harnojoyo.

Reporter : Edo Pramadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button