PALEMBANGSUMSEL

Atasi Banjir, Pembangunan Kolam Retensi Kian Mendesak

BritaBrita.com, Palembang-Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Sumsel, Herwan mengatakan bahwa Kota Palembang sangat membutuhkan kolam retensi untuk mengatasi persoalan banjir.

“Ya, apalagi saat musim hujan seperti ini,. Tentu kita sangat membutuhkan kolam retensi” katanya,Senin (18/1/2021).

Untuk itu pihaknya sangat mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang untuk dapat mengejar pembangunan Kolam-kolam retensi.

“Terutama pembangunan kolam retensi yang berada di simpang Bandara SMB II Palembang,” ujar Herwan.

Herwan menjelaskan, pembangunan kolam retensi yang berada di simpang Bandara SMB II Palembang sangat dibutuhkan dikarenakan kerap menjadi langganan banjir dan juga untuk memecah masalah banjir di Kota Palembang.

“Kolam retensi di simpang Bandara SMB II Palembang ini untuk perencanaan telah dilakukan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Palembang dan akan dilakukan pada tahun ini,” jelasnya

Lebih lanjut diungkapkannya, luas lahan untuk pembangunan kolam retensi di simpang Bandara SMB II Palembang tersebut sekitar enam hektare.

“Untuk lokasinya yaitu berada di simpang lampu merah jalan Noerdin Pandji arah ke Kenten,” ungkap Herwan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel pun terus berkoordinasi terkait pembangunan kolam retensi tersebut. Bahkan, pihaknya siap membantu Pemkot Palembang dalam pembebasan lahannya.

“Kita (PSDA) akan melihatnya kalau titik tempatnya sudah ada. Nah, baru nanti akan dilakukan pembebasan lahan. Artinya, kita (Pemprov Sumsel) akan bantu dalam hal pembebasan lahannya,” katanya.

Reporter : Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button