PALEMBANGSUMSEL

Tenaga Kesehatan di RSI Ar Rasyid Palembang Terima Vaksin Covid-19

BritaBrita.com,Palembang– Rumah Sakit Islam (RSI) Ar Rasyid menggelar vaksinasi Covid-19 tahap pertama bagi tenaga kesehatan (Nakes), Rabu (27/1/2021). Vaksinasi yang diberikan kepada Nakes di lingkungan rumah sakit yang berada di Jalan HM Saleh No. 02 KM 7 Sukarami Palembang itu dengan syarat umur di bawah 60 tahun.

Supervisor Medis RS Ar Rasyid, dr Sylvia Pertiwi mengatakan sebelum melakukan vaksinasi, peserta harus mengikuti beberapa tahapan yang telah dipersiapkan petugas. Ruang General Check Up dimultifungsikan sebagai ruang vaksinasi.

“Peserta pastinya harus dalam keadaan sehat dan fit saat melakukan vaksinasi,” katanya.

Tahapan pertama dimulai dari meja administrasi. Dimana peserta vaksin terlebih dahulu sudah terdaftar di Kementerian Kesehatan, kemudian petugas akan menjadwalkan waktu vaksinasi untuk peserta. Peserta yang sudah memiliki jadwal melakukan verifikasi data, setelah berhasil kemudian lanjut ke ruang berikutnya.

Tahapan kedua, meja screening.
Peserta melanjutkan masuk ke ruang meja dua untuk melakukan screening pemeriksaan kesehatan seperti tekanan darah, suhu serta beberapa pertanyaan yang telah disiapkan petugas.

Apabila kondisi peserta normal dapat melanjutkan vaksinasi. Namun, jika kondisi peserta tidak baik seperti tekanan darah tinggi diatas 140/90, vaksinisasi ditunda. Akan tetapi jika peserta menderita penyakit berat seperti jantung, ginjal, autoimun, atau sedang hamil atau menyusui maka vaksinasi tidak diberikan.

Tahapan ketiga, Meja Vaksinasi.
Setelah melewati proses pengecekan kesehatan dan peserta dikatakan dalam kondisi normal, maka peserta dapat langsung melakukan penyuntikan vaksin.

Tahapan keempat, meja KIPI.
Sebelumnya, KIPI merupakan kejadian ikutan pasca imunisasi, kondisi medik yang terjadi setelah imunisasi.

Peserta yang telah suntik vaksin, dilakukan observasi selama 30 menit. Jikalau tidak ada keluhan ringan seperti nyeri atau keluhan berat seperti demam bahkan pingsan, peserta diperbolehkan pulang atau keluar ruangan.

“sampai saat ini, tidak didapati pasien yang mengalami keluhan ringan ataupun berat pasca vaksinasi” kata dr Silvia.

Tahapan terakhir, Pencatatan dan Observasi.Peserta akan menunggu 30 menit pasca penyuntikan sembari menunggu berkas pendataan.

Setelah melakukan penyuntikan vaksin tahap pertama, dua minggu kemudian pasien dilanjutkan dengan penyuntikan tahapan kedua di lokasi yang sama.

Reporter : Tri Jumartini Ilyas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button