PALEMBANGSUMSEL

Dana BOS Tetap Disalurkan Pemerintah Pusat

BritaBrita.com, Palembang-Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Sumatera Selatan (Sumsel) menyatakan bahwa Pemerintah Pusat akan tetap menyalurkan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) meskipun saat ini belum dibukanya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara luas.

Kepala Kanwil DJPb Sumsel, Lidya K Christyana mengatakan pencairan atau penyaluran dana BOS tetap dilakukan karena pembangunan fisik dan non fisik sekolah tetap berjalan meski siswa tidak menggunakan fasilitas sekolah.

“Dana BOS ini selain untuk kegiatan belajar mengajar juga digunakan untuk pembangunan fisik. Ada 12 unsur di sekolah yang diperuntukkan bagi dana BOS,” ujar Lidya,Selasa (29/6/2021).

Lidya menjelaskan, dana BOS telah terealisasi hingga 31 Mei 2021 sebesar Rp1,12 triliun atau 65 persen dari pagu Rp1,7 triliun. Dan telah diterima oleh 1.563.508 siswa.

“Dari awal 2021 sampai bulan Mei sekolah-sekolah di Sumsel yang telah menerima pencairan dana BOS diantaranya, SD 4.632 sekolah, SMP 1.332 sekolah, SLB 33 sekolah, SMA 576 sekolah, dan SMK 290 sekolah. Data ini berdasarkan sekolah yang mengajukan dan direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan setempat,” jelasnya

Lebih lanjut diungkapkannya, penyaluran dana BOS selama siswa hanya belajar daring, digunakan sekolah untuk menopang kegiatan belajar mengajar. Sejatinya, ada 12 unsur yang berkaitan dengan keperluan pendidikan.

“Setiap sekolah itu kebutuhannya berbeda-beda, dana BOS bisa digunakan untuk penyediaan alat pembelajaran, kegiatan kompetensi keahlian, perpustakaan, penerimaan siswa baru, pengembangan profesi, kebutuhan siswa, dan lain sebagainya,” ungkap Lidya.

Reporter : Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button