PALEMBANG

Rakyat Mulai Menjerit, Anggota Dewan Ini Minta Penerapan PPKM Lebih Cerdas

H.M. Akbar Alfaro Anggota DPRD Kota Palembang Fraksi Partai Gerindra

BritaBrita.com, Palembang – Maraknya aksi demonstrasi yang terjadi sebagai respon atas penerapan PPKM Mikro yang telah berjalan selama dua pekan di Kota Palembang membuat Anggota Dewan sekaligus Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Kota Palembang Akbar Alfaro akhirnya angkat suara.

Pasalnya kebijakan tersebut dinilai belum cukup efektif mengurangi kluster Covid-19 namun terbukti mampu menciptakan potensi munculnya kluster-kluster kemiskinan baru di Kota Palembang akibat pembatasan kegiatan berekonomi rakyat.

Alfaro menjelaskan bahwa berdasarkan statistik memang terjadi penurunan keterisian ruang perawatan rumah sakit sekitar 10%. Namun hal tersebut diikuti dengan tingkat penurunan daya tahan ekonomi masyarakat yang sangat berbahaya bagi masa depan ekonomi kota Palembang kedepan.

“Saya sepakat dengan penerapan PPKM Mikro, namun saya harap Pemerintah lebih cerdas dalam menerapkannya, jika rencana perpanjangan tersebut dilakukan. Saat ini yang terjadi kan kegiatan niaga masyarakat yang dikurangi mulai dari penutupan jalan, penutupan unit-unit usaha, pembatasan waktu dan lain sebagainya. Kita disini PPKM Mikro bukan PPKM Darurat. Pemerintah menurut saya harusnya jangan mengurangi kegiatan berekonomi masyarakat, tapi cukup kendalikan kerumunannya, disamping tentu saja kita harus mengintensifkan kegiatan Vaksinasi agar masyarakat bisa kembali berkegiatan seperti biasa, dengan tentunya tetap taat pada prokes” Tegasnya.

Dirinya menambahkan bahwa ada tempat tempat yang tidak dilakukan pengurangan secara signifikan kegiatan masyarakat berniaga agar roda perekonomian tetap berjalan.

“Kita fokus saja kendalikan kerumunannya, jangan kurangi kegiatan masyarakat mencari sesuap nasi . Saya pengusaha, tahu persis apa yang dirasakan pelaku usaha yang saat ini menjerit. Ini terjadi karena kegagalan kita mendefinisikan masalah utama sehingga tidak melahirkan solusi yang tepat untuk semua masyarakat” tambahnya.

Alfaro berharap, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dapat mengevaluasi pelaksanaan PPKM Mikro ini sebelum membuat kebijakan baru kedepan.

“Membunuh hama kan tidak harus bakar sawahnya dan saya akan terus fokus mengawal semua penerapan kebijakan di lapangan agar lebih memberi kebaikan sekaligus rasa keadilan bagi masyarakat” pungkas Anggota Dewan yang dianggap mewakili kalangan Millenial Palembang ini sambil tersenyum mengakhiri perbincangan. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button