PALEMBANGSUMSEL

Euforia Sekolah Tatap Muka, Pembeli Baju Seragam Sekolah Masih Sepi

BritaBrita.com,Palembang-Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang mulai dilaksanakan di Kota Palembang disambut baik oleh masyarakat. Namun, belum seluruh sekolah terutama SD melakukan PTM.

Kembalinya PTM juga memberikan semangat kepada para penjual baju seragam sekolah. Walaupun penjualan masih sepi, tetapi tidak sekosong hampir dua tahun lalu.

Para penjual baju seragam di sekitar Pasar 16 Ilir, Tengkuruk dan Lorong Basah kembali didatangi pembeli walaupun masih sangat sedikit. Sejak Juni tahun ajaran baru 2021-2022, pembeli masih sepi dibandingkan sebelum pandemi.

Salah seorang pedagang seragam sekolah, Hamidah mengatakan, hampir dua tahun ini siswa belajar secara online. Saat itu juga dia tidak punya penghasilan karena tidak ada yang beli baju sekolah.

“Sekarang sudah mulai masuk sekolah lagi, tapi belum banyak sekolah yang buka, belum semua, yang beli baju juga hanya beberapa saja,” katanya.

Menurutnya, masa pandemi ini Omzet penjualan seragam sekolah turun hingga 90 persen. Tapi memang sekarang sudah mulai sedikit-sedikit ada yang beli.

“Turun Sangat jauh. Walau ada yang nyari paling satu dua orang. Bahkan yang beli untuk jual lagi juga masi sepi,” katanya.

Harga seragam sekolah TK hingga SMA yang di jual secara grosir, mulai Rp 70 ribu hingga Rp 100 ribu setiap satu setel. Harga ini tergantung ukuran seragam yang dijual.

Saat ini yang paling diminati seragam SMP dan SMA, kalau SD jarang. Untuk harga hanya beda Rp 10-Rp 20 ribu. Semakin size (ukuran) besar harganya naik Rp 20 ribu,” katanya.

Pedagang seragam sekolah lainnya di Tengkuruk, Rudi mengatakan, pembeli kebanyakan untuk persiapan sekolah sebab sudah ada yang buka dan yang belum dikabarkan segera buka

“Semoga kondisi ini segera berlalu, sekolah tatap muka lagi, biar anak-anak belajar di sekolah dan baju sekolah juga laku lagi,” katanya.

Harga seragam bermacam-macam sesuai dengan ukuran kalau untuk ukuran anak-anak baru masuk 1 stel untuk baju SD celana Pendek Rp 150 ribua-an. Sementara, untuk baju Panjang dan celana panjang SD 1 stel Rp 180 ribu-an

Kemudian kalau untuk SMP 1 stel ukuran paling kecil harganya kira-kira Rp 200 ribuan dan SMA sekitar Rp 200-an lebih. “Kita menyediakan seragam TK, SD, SMP dan SMA sederajat,” katanya.

Reporter : Pitria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button