PALEMBANGPOLITIKSUMSEL

PDIP Kota Palembang Resmikan Posko Gotong Royong Pengawalan Pemilu Jurdil 2024

BritaBrita.com, Palembang – DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Palembang meresmikan Posko Gotong Royong Pengawalan Pemilu Jujur Adil (Jurdil) 2024.

Tujuannya untuk mengawal terwujudnya Pemilihan Umum (Pemilu) bisa berjalan langsung, umum, bebas dan rahasia (Luber) serta jujur dan adil (jurdil) di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) 2024 mendatang.

Peresmian tersebut, dipimpin langsung oleh Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Palembang, Ayu Nur Suri SE, MM didampingi Bendahara Duta Wijaya Sakti SH bersama jajaran pengurus DPC PDIP Kota Palembang. Bertempat di Kantor DPC PDIP Palembang Jalan Radial, Minggu (19/11/2023).

“Untuk posko pengawalan pemilu tersebut, secara serentak kita resmikan di Sumsel ini tepat pukul 14.00 WIB. Selain posko di DPC PDI Perjuangan Kota Palembang, kita juga membentuk posko serupa di 107 kelurahan dan 18 Kecamatan se Kota Palembang,” kata Ayu Nur Suri.

Ditambahkannya, dari sini diharapkan pelaksanaan pemilu, baik Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) bisa berjalan langsung, umum, bebas dan rahasia (Luber), namun juga jujur dan adil (jurdil).

Selain itu, disampaikan Ayu, posko yang baru saja diresmikan tersebut beroperasi 24 jam. Sehingga dengan demikian, masyarakat yang menemukan atau mendapatkan hal yang mencurigakan dan aneh berkaitan ke pelaksanaan pemilu tersebut, bisa melapor ke posko tersebut.

“Nantinya, petugas yang ada di posko tersebut akan menindaklanjuti hal tersebut dengan melakukan investigasi dan pendalaman terkait laporan tersebut,” kata Ayu.

Dengan kata lain, bila nantinya itu terbukti benar dan dapat dipertanggungjawabkan, Ia memastikan akan menindaklanjuti laporan ini ke penyelenggara pemilu maupun pada aparat penegak hukum tersebut.

Tentu saja, sebelum melaporkan temuan tersebut, dirinya berpesan ke masyarakat agar juga bisa mempersiapkan bukti pendukung untuk itu semua.

“Kapan saja kita siap menerimanya, tentu saja laporan tersebut harus disertai dengan bukti. Sehingga hal tersebut dapat kita pertanggungjawabkan kebenarannya,” bebernya.

Pastinya, sekecil apapun informasi tadi, tentu menjadi bahan evaluasi dan masukan untuk pelaksanaan Pemilu 2024 yang Luber, Jurdil, transparan dan akuntabel.

Wakil Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPC PDI Perjuangan Kota Palembang, Aldo menuturkan, pihaknya tentu saja menjunjung tinggi nilai-nilai dan juga proses demokrasi yang salah satunya tadi melalui pemilu tersebut.

Bukan hanya itu saja, PDIP juga siap untuk membantu dari panitia pemilu agar pelaksanaan pemilu ini bisa berjalan dengan jujur dan adil tersebut.

Oleh karena itu, DPC PDIP Kota Palembang sesuai dengan arahan dari DPP PDIP yang juga untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat, maka itu dibentuklah posko ini.

“Kalau masyarakat melihat, mendengar ada sesuatu yang kurang sempurna dalam penyelenggaraan pemilu boleh datang ke posko Gotong Royong Pengawalan Pemilu Jurdil Tahun 2024 di Kelurahan. Bisa datang dan menyampaikan apa yang diliat, didengar beserta dengan bukti. Akan kami teruskan panwascam ataupun jua Bawaslu Palembang. Posko ini jua didirikan serentak di seluruh Indonesia,” tandasnya.

Reporter: Yanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button