KELUARGAMUTIARA ISLAMSUMSEL

Lansia Mengaji, Menebar Cinta Alquran di Usia Senja

BritaBrita.com, Palembang – Di Desa Tanjung Pinang, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan (Sumsel), ada sebuah program istimewa bernama Lansia Mengaji yang membawa secercah cahaya ilmu bagi para ibu di usia senja.

Program ini diinisiasi Rumah Tahfizh Daarul Islah sejak 2016, bertepatan dengan awal mula berdirinya rumah tahfizh tersebut.

Program Lansia Mengaji membuka pintu bagi para lansia untuk belajar dan mendalami ilmu agama, khususnya seputar fiqih ibadah, baca Quran mulai dari iqro hingga tahsin, bahkan menghafal Quran.

Antusiasme para lansia begitu luar biasa, terbukti dengan jumlah santri yang mencapai 88 orang. Progam Lansia Mengaji ini gratis bagi warga lansia di Desa Tanjung Pinang.

Ustadz Muhammad Destri Elkafi, pengasuh program Lansia Mengaji, bersama 22 orang ustadz/ustadzah lainnya dengan penuh dedikasi membimbing para lansia.

Mereka tak hanya mentransfer ilmu, tetapi juga membangun hubungan kekeluargaan yang erat, menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.

“Program ini bukan sekadar belajar, tetapi juga menjadi wadah bagi para lansia untuk bersilaturahmi, menjalin persahabatan, dan saling menyemangati. Bagi mereka, program ini memberikan makna baru dalam kehidupan di usia senja,” katanya.

Zuniba, salah satu santri lansia, menceritakan kisahnya. Di usianya yang 76 tahun, ia memberanikan diri untuk belajar mengaji dari awal. Kegigihan dan semangatnya patut diacungi jempol. Kini, Zuniba mampu membaca Alquran dengan lancar, bahkan telah menghafal beberapa surat.

Kisah inspiratif lain datang dari Nenek Maladeri. Di usianya yang 60 tahun, ia tak henti-hentinya mencari ilmu. Ia mengikuti program Lansia Mengaji dengan tujuan untuk menambah hafalan Alquran.

Ketekunannya berbuah manis, saat ini ia mulai menghafal juz 30 dengan penuh semangat dan tekun.

Program Lansia Mengaji tak hanya memberikan manfaat spiritual bagi para lansia, tetapi juga memberikan dampak positif bagi kesehatan mental dan fisik mereka.

Program ini membantu para lansia untuk meningkatkan kualitas ibadah, memperkuat hafalan Alquran, mencegah pikun dan alzheimer, meningkatkan rasa percaya diri, menjalin silaturahmi dan persahabatan, serta merasakan ketenangan, dan kebahagiaan.

Program Lansia Mengaji merupakan bukti nyata bahwa belajar tak mengenal usia.

Semangat para lansia dalam mencari ilmu menjadi inspirasi bagi kita semua. Program ini patut diapresiasi dan dicontoh oleh berbagai pihak agar semakin banyak lansia yang mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka di usia senja.

Usia bukanlah halangan untuk belajar. Semangat para lansia dalam program Lansia Mengaji menjadi bukti bahwa belajar tak mengenal batas waktu.

Mari kita dukung program ini agar semakin banyak lansia yang mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka di usia senja.

Bantu Program Lansia Mengaji agar terus berjalan dan menerangi masa tua para lansia dengan ilmu agama. Donasi Anda, sekecil apapun akan sangat berarti bagi mereka. Layanan informasi dan donasi Rek 564501043691536 Yayasan Daarul Ishlah AlPalembangi atau No WA 082377830826.

Reporter: Andi Wijaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button