KALAMMUTIARA ISLAMSYARIAH

Berikut Amalan Sunnah di Bulan Syawal

BritaBrita.com, Palembang – Memasuki bulan syawal, banyak umat islam berlomba-lomba meraih kebaikan dengan mengikuti sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Sebagai salah satu bulan yang mulia dalam islam, berikut sejumlah amalan bulan syawal yang bisa kamu kerjakan sebagai umat islam.

1. Puasa Syawal
Rasulullah SAW bersabda : “Barang siapa berpuasa Ramadhan lalu melanjutkannya dengan puasa enam hari di bulan syawal, maka setara dengan puasa sepanjang tahun,” HR Muslim.

Puasa ini boleh dilakukan berurutan sejak tanggal dua syawal, sebagaimana pendapat imam syafi’i atau boleh juga tidak berurutan yang penting enam hari pada bulan syawal.

2. Menikah
Bulan syawal dianggap sebagai waktu yang baik untuk melaksanakan pernikahan. Pasalnya, menikah di bulan syawal dianggap tindakan ibadah dan pengalaman sunnah nabi.

Anjuran menikah di bulan syawal adalah cara Rosulullah untuk menolak kepercayaan yang salah dari masa jahiliyah yang mengatakan bahwa pernikahan di bulan syawal dapat membawa malapetaka atau kesialan.

Sebagaimana hadis Rasulullah yang di riwayatkan oleh Aisyah Radhiyallahu Anha “Rasulullah shallallahu ‘Alaihi Wassallam menikahiku pada bulan Syawal dan berkumpul denganku pada bulan syawal, maka siapa diantara istri-istri beliau yang lebih beruntung sariku,”(HR Muslim)

3. Silahturahmi
Di awal Bulan syawal masih hangat momen lebaran yang dijadikan momen silahturahmi antar keluarga dan kerabat. Selain mendapatkan keutamaan berupa kelapangan rezeki dan juga perwujudan keimanan seseorang, menyambung tali silahturahmi juga dapat mencegah diri kita dari dosa yang menjerumuskan kita ke dalam api neraka.

“Sembahlah Allah, janganlah berbuat syirik pada-Nya, dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan jalinlah tali silahturahmi (dengan orangtua dan kerabat)”,(HR. Bukhari no 5983)

4. Bersedekah
Bersedekah merupakan perbuatan terpuji yang di sukai oleh Allah SWT, Sedekah dilakukan dalam bentuk syukur atas nikmat Allah SWT, amalan ini sangat dicintai Allah, terhindar dari sifat kikir, serta membukakan pintu rezeki dari pintu manapun. Nahi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Sedekah tidaklah mengurangi harta,” (HR Muslim no. 2558, dari Abu Hurairah).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button