PALEMBANGSUMSEL

Tradisi Makan Bersama di Masjid Ar Rofiah Ilyas Lassik Berlanjut Setiap Jumat Seusai Salat Berjamaah

BritaBrita.com, Palembang – Masjid Muhammadiyah, Ar Rofiah Ilyas Lassik di Jalan Kolonel Sulaiman Amin, Komplek Pemda, Km 7, Palembang kembali melanjutkan tradisi makan bersama setelah salat Jumat berjamaah.

Tradisi ini sebelumnya hanya dilakukan selama Ramadan, tapi kini juga bisa dinikmati setiap Jumat setelah salat Jumat.

Tradisi ini tak hanya mengenyangkan perut, tapi juga mempererat tali persaudaraan serta saling mengenal satu sama lain antar jamaah.

Sebelum Ramadan, tradisi makan bersama hanya berupa pembagian nasi kotak. Namun, untuk menghindari sampah plastik dan meningkatkan kesehatan, pengurus masjid memutuskan untuk menerapkan sistem prasmanan.

Jamaah dapat mengambil sendiri makanan yang disediakan pada Jumat (19/4/2024), seperti pindang ayam, tempe goreng, sambal, lalapan, dan buah.

“Kami ingin melayani jamaah dengan baik,” ujar Ustad Zakaria, ketua DKM Masjid Ar Rofiah Ilyas Lassik.

Selain fasilitas masjid yang sudah lengkap, seperti ruangan ber-AC, kamar mandi dan toilet yang memadai, sound sistem yang stabil dan karpet masjid yang tebal, pihaknya juga ingin memberikan layanan makan siang gratis bagi jamaah salat Jumat.

“Selain makan siang gratis, masjid juga ada program ngopi bersama di akhir pekan selesai salat subuh serta kajian akhir pekan,” tambah Ustad Zak biasa disapa.

Tradisi makan bersama ini tidak hanya bertujuan untuk mengenyangkan perut, tetapi juga untuk mempererat tali persaudaraan antar jamaah.

“Suasana kekeluargaan yang tercipta saat makan bersama sangatlah menyenangkan,” ujar Upik Sundari, pengurus bagian kesejahteraan jamaah.

“Kami berharap program ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat bagi semua pihak, adapun pada Jumat ini kami menyiapkan menu makanan untuk 300 orang kurang lebihnya,” bebernya pula.

Program makan siang gratis ini terbuka untuk semua jamaah dan masyarakat umum.

Jadi, bagi jamaah yang ingin merasakan nikmat makan siang bersama di masjid dengan suasana kekeluargaan yang hangat, atau ingin berkontribusi membantu memberikan menu makanan untuk jamaah bisa datang langsung ke Masjid Ar Rofiah Ilyas Lassik setiap Jumat sekaligus salat Jumat berjamaah disana atau bisa menemui pengurus masjid yang ada disana.

Reporter: Andiwijaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button