PALEMBANGSUMSEL

Hidroponik Tanpa Pestisida, Solusi Bercocok Tanam Sehat di Lahan Sempit

BritaBrita.com,PALEMBANG -Anda ingin bercocok tanam namun Lahan pekarangan rumah anda sempit? Tak perlu khawatir lagi, dengan metode hidroponik semua dapat teratasi.

Hal ini sudah dilakukan Perda Sari, warga Jalan Meriam Lorong Karya IV No.457, Sekip, Ujung, Kota Palembang. Ia memanfaatkan lahan terbatas di rumahnya dengan tanaman hidroponik. Baginya, hidroponik sangat bagus diterapkan.

“Tanaman hidroponik ini tidak perlu membutuhkan lahan yang luas, cukup seadanya saja karena tanaman ini hanya menggunakan air dalam bercocok tanamnya dan tanpa menggunakan tanah”ujarnya saat diwawancarai, Rabu (22/1/2020).

Menurut Perda, tanaman dengan cara hidroponik merupakan tanaman yang sehat karena tanpa bahan kimia atau pestisida.

“Tanaman ini sangat baik untuk dikonsumsi karena berbagai macam sayuran yang diolah disini tanpa bahan kimia sedikitpun”ujarnya.

Lihat Juga  Jadi Polisi Gadungan, Pria ini Tipu dan Peras Pacarnya yang jadi TKI di Singapura

Tidak hanya itu dia juga menjelaskan mengenai bagaimana cara bercocok tanam dengan cara hidroponik yang baik sehingga mampu mencapai omset atau hasil yang cukup tinggi.

Cara yang pasti dilakukan untuk tanaman ini yaitu air yang digunakan harus cukup karena mengandung nutrisi bagus dalam perkembangannya, dan biasanya bisa panen sayur satu bulan sekali sampai mencapai 500 kg sampai 1 ton.

Perda menceritakan awal mula ikut mengembangkan tanaman dengan Hidroponik dimulai dari rasa ingin tahu, Perda melihat cara bercocok tanam hidroponik melalui internet, hal ini dia lakukan bersama suami yang membantu mengembangkan usahanya tersebut.

“Kami mengembangkan usaha ini bersama-sama, dan akhirnya suami saya menjadi salah satu ketua dari komunitas green corner hidroponik sekota Palembang, awalnya kami memulainya dari memanfaatkan botol bekas yang sudah tidak terpakai dan kami jadikan sebagai tempat untuk bercocok tanam “jelasnya.

Lihat Juga  Pelaku Curanmor Tewas Dihajar Massa

Menurutnya, tanaman hidroponik ini sangat minim dilakukan masyarakat khususnya kota Palembang karena faktor pengetahuan yang terbatas sehingga masyarakat kurang mengenal tanaman hidroponik sendiri. (PKL Erna)

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close