PALEMBANGSUMSELSYARIAH

Kurban Sapi dan Kambing, Siswa SDIT Al Furqon Diajarkan Cara Bersyukur dan Peduli Sosial

BritaBrita.com,Palembang – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Furqon melakukan pembelajaran tentang hewan kurban melalui infaq shadaqah yang didapat dari siswa-siswi TK/SD IT Al-Furqon.

Hal itu dimaknai dari pemotongan hewan kurban sapi dan kambing di Lapangan SDIT Al-Furqon Palembang, Senin (12/8/2019).

Kepala SDIT Al Furqon, Ustadz Zakiudin mengatakan kegiatan ini merupakan pembelajaran hewan kurban melalui infaq shadaqah yang dikumpulkan selama dua pekan untuk dibelikan sapi dan kambing.

“Alhamdulillah, untuk tahun ini sendiri, total yang sudah kita kumpulkan sebanyak 61 Juta. Kita belikan dua ekor sapi dan tiga ekor kambing. Kemudian, dari wali murid kita juga ada yang berkurban tiga ekor kambing,” imbuhnya.

Pada kegiatan pembelajaran ini juga, pihak sekolah mengundang anak yatim mandiri, ustadz dan bunda seta Civitas SIT Al-Furqon, murid dan wali yang sempat hadir untuk berbagi hasil dari pemotongan hewan kurban tersebut.

Lihat Juga  Peringati HUT RI ke-74, SDIT Al- Furqon Gelar Berbagai Lomba dan Carnaval

“Insya Allah hari ini kita akan bagikan kurang lebih 450 kantong. Kita juga upayakan setiap kantong berisi setengah kilogram daging has ditambah hati, limpa, paru-paru, dan tulang. Insyaallah setiap masyarakat yang menerimanya nanti satu kantong berisi satu kilogram,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Ustadz Aswari mengatakan kegiatan bertujuan untuk pembelajaran bagi anak-anak bagaimana tanda bersyukur kepada Allah Subhanawata’ala.

“Cara bersyukur yaitu berinfaq uang jajan mereka secara sukarela untuk dibelikan hewan kurban. Kita juga mengajarkan kepada anak-anak untuk menghidupkan ajaran sunnah Nabi seperti Nabi Ibrahim dan selanjutnya melepaskan sifat duniawi yang hanya sementara. Sebagai contoh Nabi Ibrahim, diberikan seorang anak dan anak merupakan titipan sementara kemudian ditantang Allah untuk dikurbankannya, ”Katanya.

Lihat Juga  PDAM Tirta Musi Pasang Pompa di Sungai Musi dan Ogan

Sekolah juga jelasnya mengajarkan kepada anak-anak untuk memberi manfaat terhadap sesama dan menjadi insan yang selalu bersyukur.

“Jadi, sapi dan kambing yang mereka infaqkan akan kita berikan kepada anak-anak yatim dan orang kurang mampu di sekitar lingkungan sekolah. Tidak hanya pembelajaran kurban yang didapatkan, tetapi kita ajarkan anak-anak untuk bersyukur atas rizki yang diberikan kepada mereka dan membantu orang-orang yang dibutuhkan di sekitar mereka,” katanya.

Reporter : Tri Jumartini Ilyas

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close