NASIONALPALEMBANGSUMSEL

TNI Turunkan 1.228 Personil Antisipasi Karhutla di Sumsel

BritaBrita.com, Palembang-Komando Resor Militer 044 Garuda Dempo menggerakkan 1.228 personil dari satuannya untuk disebar di daerah yang rawan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Diantaranya ada 10 Kabupaten yang rawan Karhutla yakni Musi Banyuasin, OKI, Ogan Ilir, Banyuasin, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Muara Enim, Pali, OKU Timur dan OKU Selatan.

“Ribuan personil ini sudah kita sebar ke seluruh kabupaten yang rawan karhutla. Bukan hanya fokus pada penanganan karhutla, personil kita ini nanti juga tugasnya mensosialisasikan kepada warga supaya menjaga lahannya agar tidak terbakar,” kata Komandan Korem 044/Gapo, Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji, Rabu (8/7/2020).

Ia mengatakan, diturunkannya personil ini sebagai lanjutan dari status Siaga Tanggap Darurat Bencana Asap akibat Karhutla di Sumsel yang dikeluarkan Gubernur Sumsel Herman Deru pada 20 Mei 2020 kemarin. Status ini sendiri berlaku hingga 31 Oktober 2020 mendatang.

Lihat Juga  Heboh Kebakaran Hutan dan Lahan di OI, Gubernur Intruksikan Segera Cari Pemilik Lahan

“Ribuan personil ini juga ditugaskan untuk membantu menjaga lahan agar tidak terbakar, termasuk dari ulah warga yang sengaja membuka lahan dengan melakukan pembakaran hutan,” katanya.

Diakui Jauhari, ancaman Karhutla di Sumsel patut diwaspadai, karena musim kemarau sudah mulai masuk saat ini sementara ada 10 kabupaten yang rentan terbakar lahan dan hutannya.

“Selain melakukan patroli udara, upaya antisipasi juga dilakukan di daratan. Tapi sampai saat ini kami belum menerima data pembakaran lahan dengan sengaja oleh warga. Namun dari patroli, kami melihat ada terdapat kebakaran lahan perkebunan dengan tujuan menyuburkan tanah, namun dilengkapi sekat dan dijaga dengan baik oleh satgas perkebunan,” ujarnya.

Lihat Juga  Kabut Asap Sebabkan Udara di Palembang Tidak Sehat

Bukan hanya itu, dengan memanfaatkan situs lapan, pihaknya mampu melakukan monitoring dari ruang kerjanya. Sehingga pihaknya bisa mengendalikan babinsa di daerah dan kepala desa di daerah yang terbakar nantinya.

Dalam mengantisipasi Karhutla di Sumsel, pihaknya juga dibantu 900 personil dari kepolisian, BPBD, dan Manggala Agni untuk berjaga di desa rawan Karhutla di Sumsel.

Reporter : Maulana

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close