PALEMBANGSUMSEL

Dana BOS Boleh untuk Cegah Covid-19, Disdik Sumsel : Kepala SMA dan SMK Jangan Khawatir

BritaBrita.com,Palembang-Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kembali menegaskan bahwa dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bisa digunakan untuk pencegahan virus corona di internal sekolah.

Untuk itu, Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) baik negeri dan swasta diminta tak khawatir karena Pemerintah melalui Kemendikbud telah menerbitkan aturan pengelolaan dana BOS bisa digunakan untuk pencegahan Covid-19 di sekolah masing-masing.

“Bisa digunakan untuk buat hand sanitizer atau masker dan lainnya karena di apotik kan sudah langka, dan itu diperbolehkan oleh Kementerian,” ujar Plt Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs H Riza Fahlevi MM, Jumat (3/4/2020)

Drs H Riza Fahlevi MM

Riza menyebutkan jika sudah ada payung hukum dari Kementerian maka tak ada alasan lagi untuk sekolah sulit melakukan pencegahan karena tak ada dana.

Hanya saja, Riza meminta jika bahan-bahan kimia sulit didapatkan agar sekolah bisa membuat secara mandiri sebagaimana yang telah dilakukan oleh SMK melalui kegiatan SMK Peduli.

SMK di Sumsel jelasnya telah menyumbangkan berbagai upaya pencegahan Covid-19 ke Pemerintah Provinsi Sumsel. Mulai dari hand sanitizer, bilik disinfektan, tempat pencuci tangan, dan baju APD serta lainnya.

“Kalau SMK kan ada unit produksi, dan kalau SMA bisa juga dibuat gerakan SMA Peduli tapi untuk kalangan sekolah sendiri,” jelasnya.

Reporter : Sugi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button