LIFESTYLE

Percantik Halaman Rumah Dengan Taman Sederhana

BritaBrita.com  –  Rumah adalah istana kita. Mungkin pepatah itu adalah ungkapan yang paling tepat untuk menggambarkan pentingnya keberadaan rumah dalam kehidupan kita. Demi menjadikan rumah sebagai istana pribadi kita, tidak jarang banyak pemilik yang jatuh bangun untuk mempercantik tampilan rumahnya supaya menjadi nyaman ditinggali. Salah satunya adalah dengan menggarap bagian halaman depan rumah dengan hiasan taman sederhana. Berikut tips dan cara efektif dalam merancangnya.

  1. Mulai merancang taman
    Halaman depan rumah kita tidak akan berubah cantik dalam sekejap jika tidak ada taman yang mengisi ruang selanya. Salah satu cara termudah untuk mengubah eksterior rumah secara singkat adalah dengan membuat taman. Taman yang dibuat tentunya bukan sembarang taman, ya. Akan tetapi taman yang sesuai dengan bentuk bangunan rumah kita. Cari tahu jenis taman seperti apa yang ingin dibuat dan segera rancang desainnya.
  2. Pilihlah tanaman yang cocok
    Supaya taman di halaman depan rumah semakin asri dan sedap untuk dipandang, kita juga butuh beberapa jenis tanaman nih! Entah itu tanaman hias atau bahkan bunga-bungaan, keduanya sama-sama menarik untuk dipelihara dan dipajang. Eits, tapi jangan asal pilih tanaman, ya. Pilih tanaman yang pemeliharaannya tidak ribet dan bisa tahan di segala iklim.
  3. Tutupi permukaan tanah dengan rumput Jepang
    Supaya taman kita tidak becek dan penuh tanah merah saat hujan turun, tutupi permukaannya dengan rumput Jepang. Sekarang ini, menanam rumput Jepang tidak perlu susah dan repot kok. Cukup tunggu beberapa minggu, permukaan tanahnya sudah berubah warna menjadi hijau karena rerumputan tersebut.
  4. Tambahkan kursi taman, meja mungil atau gazebo  sebagai tempat rehat.
    Apa fungsinya taman yang asri dan menawan kalau kita sebagai penghuni tidak bisa menikmatinya? Nah, supaya taman ini berfungsi dengan baik, tidak ada salahnya juga ditambahkan dengan sedikit ornament lukisan atau kolam air terjun minimalis yang nantinnya, kita bisa menikmati keindahan taman sambil duduk bersantai bersama keluarga tercinta.

Mengutip dekoruma.com untuk menghasilkan  taman depan rumah agar tidak sampai terlihat berantakan, maka jalankan perencanaan cara membuat taman dimulai dari sisi depan yang paling dekat dengan pintu masuk  Jadi, fase pertama harus diprioritaskan dari bagian luar dan berangsur-angsur masuk ke bagian tengah dan dalam menuju pintu masuk rumah.

Hindari pembelian impulsif seperti dekorasi taman yang tidak direncanakan, tetapi tetap evaluasi setiap pembelian sesuai budget dan style taman yang direncakan.  Langkah ini  berguna untuk meminimalisir pengeluaran  yang sewaktu-waktu boleh saja berubah tetapi tidak secara drastis dan dalam waktu singkat. Sebaliknya, taman depan rumah boleh berubah sesuai waktu dan kebutuhan, misalnya merubah area tertentu untuk mengakomodasi si kecil yang mulai tumbuh aktif dan sebagainya.

Terakhir, cara membuat taman depan rumah ini akan sukses jika kamu mau jujur pada budget, serius pada waktu, dan mengejar target sesuai perencanaan. Ingat kalau semua waktu dan tenaga harus diperhitungkan dalam cara membuat taman depan rumah. Supaya tidak sia- sia, jalani dengan sungguh- sungguh, tetap realistis dan selamat mencoba!

Editor : Jemmy Saputera

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button