PALEMBANG

Palembang Siapkan Jalur Khusus Sepeda Sepanjang 6 Kilometer. Ini Rutenya

BritaBrita.com,Palembang-Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mempersiapkan jalur khusus sepeda yang akan dilaunching pada 10 Oktober mendatang. Adapun jalur sepeda disiapkan sepanjang 6 Km dengan rute Kambang Iwak – PS Mall dan sekitarnya. Sedangkan dua jalur lainnya akan diupayakan pada 2021.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang, Agus Rizal mengatakan, ada tiga jalur sepeda di Kota Palembang dan baru akan diresmikan satu dengan menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) perbankan. Pihaknya telah menyiapkan rambu-rambu lalu lintas sepeda yang akan dipasang di sepanjang jalur khusus sepeda.

Diantara tiga jalur sepeda itu, Jalur 2 sepanjang 6 Km yang akan dilaunching terlebih dulu. Yakni, Kambang Iwak – Jl tasik – Jl Kiringgo Wirasantiko – Jl Kapt. A Rivai – Jl Pom IX – Jl Sumpah Pemuda – Jl Angkatan 45 – Jl Kapt. A Rivai – Jl Ahmad Dahlan – Jl Tasik (Kambang Iwak).

“Totalnya ada ada 22 Km, tahun depan Jalur 1 (4Km) dan Jalur 4 (12Km) diupayakan siap dan diresmikan dengan CSR juga,” katanya, Rabu (30/9/2020).

Agus mengatakan, pembuatan marka jalan, rambu-rambu lalu lintas sepeda serta aturan berlalu lintas bagi sepeda diperlukan agar masyarakat lebih aman saat melintas.

“Makanya, nanti akan ada marka penunjuk jalan seperti belok kanan atau kiri dan lainnya. Kita coba akomodasi kebutuhan para komunitas sepeda yang belakangan juga terus bertambah,” katanya.

Mengingat karena keterbatasan anggaran, maka pihaknya dorong melalui CSR perusahaan. Saat ini sudah ada BSB yang komitmen untuk membangun prasarana satu jalur sepeda dulu dari Kambang Iwak ke PS tersebut.

“Jalur ini bisa dioperasionalkan setiap hari. Muali dari jam 05.00 – 10.00 dan 15.00 – 19.00,” katanya.

Sementara itu jalur lainnya, Rute 1 (4 km) : Jl Tasik (Kawasan Kambang Iwak) – Jl Merdeka – Simpang Kantor Walikota – Jl Rumah Bari – Jl Palembang Emas Darussalam (kawasan wisata BKB) – Jl Sekanak – Jl Merdeka – Jl Tasik.

Rute 3 (12 km) : Jakabaring Sport City – Jl Gubernur H Bastari – Jl HM Ryacudu – Jembatan Ampera – Jl Merdeka – Jl Rumah Bari – Benteng Kuto Besak (BKB).

Reporter : Kamayel Ar-Razi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button