PALEMBANGSUMSEL

Gubernur Herman Deru: Kompetensi Untuk Kepentingan Publik dan Jaga Kehormatan Wartawan

BritaBrita.com, Palembang-Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru secara langsung menghadiri dan membuka Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh PWI bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS di Hotel Beston, Rabu (15/9/2021).

Gubernur Sumsel, H Herman Deru mengatakan, jurnalis harus tetap menjaga marwah dan bangga sebagai wartawan dimana di setiap kejadian merupakan simpul ilmu yang harus diterapkan terkait pemahaman yang disebarkan.

“Sebagai legal standing, jangan pernah menjadi orang Iain tapi jadilah diri sendiri. Artinya apapun yang kita perbuat bermanfaat bagi orang Iain utamanya berita yang kita sebarkan sebagai acuan bagi masyarakat,” katanya

Lanjutnya, standar kompetensi wartawan diperlukan untuk melindungi kepentingan publik dan hak pribadi masyarakat. Standar ini juga untuk menjaga kehormatan pekerjaan wartawan dan bukan untuk membatasi hak asasi warga negara menjadi wartawan.

“Kompetensi wartawan berkaitan dengan kemampuan intelektual dan pengetahuan umum. Jadilah PWI sebagai contoh, saya berharap kepada semua wartawan agar semua produk hukum siap disosialisaikan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel, Firdaus Komar mengatakan, pelaksanaan Uji Kompetensi dilakukan selama dua hari dari tanggal 15 sampai dengan 16 September 2021.

“Kegiatan UKW yang kita gelar pada hari ini diikuti sebanyak 17 peserta,” katanya.

Lebih lanjut diungkapkannya, Kegiatan UKW ke-33 ini mengangkat tema “Dengan Uji Kompetensi Mewujudkan Wartawan Beretika, Profesional dan Berwawasan”. Uji Kompetensi ini dilaksanakan sebagai wujud penerapan standar kompetensi wartawan di Sumsel, dan tentunya dengan protokol kesehatan,” ujar Firdaus.

Reporter : Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button