BISNISEKONOMINASIONAL

Kebakaran Kilang Pertamina di Balik Papan, Dipastikan Mengurangi Hasil Produksi

BritaBrita.com, Jakarta,—– Kendati stok dipastikan aman, produksi bahan bakar minyak (BBM) jenis solar PT Pertamina Refinery Unit atau RU V Balikpapan, Kalimantan Timur tetap menurun. Hal tersebut dikarenakan, akibat dari terbakarnya kilang minyak pada Jumat (4/3/2022) kemarin, sekitar pukul 10.32 Waktu Indonesia Tengah (Wita).

General Manajer Pertamina RU V Balikpapan, Wahyu Sulistyo Wibowo seperti dilansir dari Antara mengatakan, area yang terbakar pabrik pengolah solar, dipastikan dapat mengurangi produksi.

” Meskipun begitu, kami berupaya menjaga penyaluran solar, sebab masih tersedia cadangan yang jumlahnya cukup melimpah,” ujar Wahyu, Sabtu (5/3/2022).

Ia menjelaskan, cadangan BBM jenis solar masih ada sekitar 600.000 barel.

” Kita sudah berkomunikasi dengan Pertamina Patra Niaga untuk memastikan jika suplai aman,” ungkapnya sembari berujar kalau pengiriman atau penyaluran tidak dijadwal ulang.Karena penyaluran solar melalui kapal juga aman.

Untuk diketahui bersama,sebelumnya, kebakaran kilang minyak PT Pertamina (Persero) di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat, sekitar pukul 10.32 Wita telah berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran.

“Masyarakat tidak perlu khawatir dengan kebakaran kilang minyak Pertamina, sebab kondisi api sudah terkendali,” kata Area Manager Communication, Relations, dan CSR Balikpapan, Ely Chandra Peranginangin.

Ia menambahkan, pertamina RU V Balikpapan bakal segera mengupayakan perbaikan terhadap unit kilang minyak yang terbakar tersebut.

Menurutnya, untuk melakukan perbaikan masih menunggu hasil investigasi yang dilakukan secara internal bersama kepolisian.

Pertamina RU V Balikpapan menduga kobaran api terjadi pada penukar panas, tepatnya pada bagian alat pendingin udara.

“Alat pendingin udara tersebut seperti kipas angin letaknya di atas agar menyedot angin dari bawah kemudian mendinginkan tempat penampung minyak yang telah diolah,” katanya.

Menyoal penyebab pastinya kebakaran ini, dirinya mengatakan masih akan didalami.

” Dilapangan, teman-teman masih melakukan penilaian dan evaluasi untuk antisipasi terjadinya kebakaran di area lainnya,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button