KALAMMUTIARA ISLAMSYARIAH

Ustadz Adi Hidayat : Dua Surah Rahasia Cepat Terkabulnya Doa

BritaBrita.com, Palembang – Allah hanya menurunkan ayat ini untuk ummat Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wassalam.

Ustadz Adi Hidayat aktif menjadi narasumber keagamaan dan berdakwah melalui kanal YouTube miliknya, memaparkan jika dapat dilakukan amalan tersebut, bukan hanya dosa yang dapat digugurkan, tetapi setiap hurufnya mempercepat terkabulnya doa kita di hadapan Allah Subhana Wa Ta’alla.

Terdapat dua surah dalam Alquran, yang apabila surah ini dibacakan, setiap hurufnya di hitung bisa berpotensi menggugurkan dosa sekaligus mengabulkan doa-doa sepanjang doa tersebut baik untuk urusan dunia akhirat kita.

“Kalau salah satu kurang baik, diperbaiki oleh Allah, misal dunia baik maka akhirat tidak, maka diperbaiki oleh Allah kepada yang lebih baik,” katanya.

Lantas, amalan surah apa yang dapat mengabulkan doa saat kamu berdoa meminta kepada sang maha penguasa. Adapun kedua surah tersebut adalah surah Al Fatihah dan Surah Al Baqarah.

Surah Al Baqarah 284-286 adalah tiga ayat terakhir dari Surat kedua dalam Alquran yang memiliki keutamaan yang luar biasa.

Pada tiga ayat terakhirnya, yakni Surah Al Baqarah 284-286, dijelaskan tentang kepemilikan Allah SWT atas seluruh alam semesta, termasuk langit dan bumi.

Selain itu ditegaskan bahwa para rasul, termasuk Nabi Muhammad SAW, beriman kepada wahyu yang diturunkan kepada mereka oleh Allah.

Surah al-Fatihah yang terdiri dari tujuh ayat ini mengandung pujian, pemuliaan, dan pengagungan bagi Allah SWT.

Melalui penyebutan asma-ul husna (nama-nama yang indah bagi Allah) yang menuntut adanya sifat-sifat yang agung baginya. Juga mencakup penyebutan tempat kembali manusia, yaitu hari pembalasan.

Sebelum doa, bacalah Surah Al Fatihah dan Surah Al Baqarah. “Namun, pada surah Al Baqarah, bacaan tidak diawali dari ayat pertama karena kepanjangan, cukupkan di ayat 285 sampai ayat 286. pada dua ayat terakhir surah Al Baqarah,” katanya.

Ia mengatakan, banyak ulama yang menambahkan pula untuk memperkuat yaitu surah ayat 284 Al Baqarah jadi total ayat 284, 285, 285. Ketiga ayat tersebut merupakan ayat yang dituliskan di antara dinding Ka’bah.

“Namun, meskipun doa benar dan khusyuk tetapi diselimuti maksiat dalam permohonan doa itu, maka pengabulannya mental lagi,” katanya.

Dalam Hadis Shahih, Nabi mengisahkan seorang laki-laki yang menempuh perjalanan panjang untuk ketaatan, hal itu mempercepat doa dikabulkan dua kali lipat dibanding orang biasa.

“Oleh karena itu, jika ada orang yang mau umrah, pergi haji. maka titiplah doa, lalu Doa yang di buka dengan Al Asmaul Husna itu dijawab dua kali lebih cepat dibanding kan dengan doa yang langsung dimohonkan kepada Allah, dengan mengawali yaa rabb, yaa rabb,” katanya.

Dalam QS Al isra Ayat 110 : Katakanlah (Muhammad), “Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu dapat menyeru, karena Dia mempunyai nama-nama yang terbaik (Asma’ul husna) dan janganlah engkau mengeraskan suaramu dalam salat dan janganlah (pula) merendahkannya dan usahakan jalan tengah di antara kedua itu.”

Quran Surah ke 7 ayat 180 : Dan Allah memiliki Asma’ul-husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya Asma’ul-husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button