PALEMBANGSUMSEL

SMKN 3 Palembang Gelar Pesantren Ramadhan Selama 4 Hari

BritaBrita.com, Palembang – SMK Negeri 3 Palembang menggelar kegiatan pesantren Ramadhan selama empat hari pada 25-28 Maret 2024.

Waka Kesiswaan SMKN 3 Palembang Novrianto Subiantoro Gumay mengatakan, kegiatan pesantren Ramadhan digelar pada tanggal 25 sampai 28 atau selama 4 hari dilaksanakan penutupan hari ini.

“Pada hari pertama dan kedua diisi dengan lomba ada lomba pembacaan ayat pendek al-fatihah Al Kahfi. Kemudian dai-daiyah pada hari kedua juga sama. Kemudian ari ketiga pemateri hari keempat ini karena pas 17 Ramadan maka dilakukan peringatan Nuzulul Quran dan pembagian hadiah untuk yang menang lomba,” ujarnya saat diwawancarai di kantor SMKN3 Palembang, Kamis (28/3/2024).

Novrianto menjelaskan, tujuannya adalah supaya anak itu mendalami keislaman. Jadi mengetahui cara membaca surat al-Fatihah yang benar, membaca surat Al Kahfi, serta untuk memberikan siswa melatih siswa dai-daiyah.

“Untuk peserta karena kelas 3 sudah selesai ujian jadi yang ikut kelas 10 dan kelas 11 semuanya ikut. Untuk hadiah diberikan kepada juara 1 2 dan juara 3 putra dan putri,” bebernya.

Melalui kegiatan pesantren Ramadan, dia berharap bisa meningkatkan keimanan siswa. “Dengan adanya kegiatan ini siswa bisa khatam Quran di bulan puasa ini. Kemudian puasanya tetap semangat dalam menjalankan ibadah puasa,” ucapnya.

“Melalui kegiatan pesantren Ramadan ini, kami juga mengimbau siswa untuk tidak ikut tawuran. Karena tawuran itu sangat membahayakan siswa,” tandasnya.

Reporter: Yanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button